info@stimykpn.ac.id (0274) 885505

Sekolah Pasar Modal 2024: Literasi Keuangan sebagai Modal Utama Memasuki Dunia Investasi

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pasar Modal STIM YKPN berkontribusi aktif mengadakan kegiatan edukasi di bidang investasi. Salah satunya adalah program Sekolah Pasar Modal yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Tujuan kegiatan Sekolah Pasar Modal adalah memberikan edukasi dan pemahaman tentang pasar modal dan literasi keuangan. Pada tahun ini, Sekolah Pasar Modal diselenggarakan tanggal 26 April 2024 dan bertempat di Ruang 1E STIM YKPN.

Kegiatan rutin berupa Sekolah Pasar Modal ini selalu menarik. Pada tahun ini, tema yang diusung juga sangat memotivasi yaitu “Literasi Keuangan sebagai Modal Utama Memasuki Dunia Investasi.” Dengan demikian, setiap orang akan tergerak untuk mengetahui lebih lanjut materi tersebut. Hal itu terbukti dari banyaknya peserta dan antusiasme mereka mengikuti acara. UKM Pasar Modal menghadirkan Ibu Agnes Sindunita dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Ibu Kusuma Kampita Sari dari Phintraco Sekuritas sebagai pembicara.

Kedua narasumber menyampaikan materi dengan menarik dan komunikatif, sehingga terciptalah kegiatan yang interaktif. Banyak hal yang diterima oleh peserta, di antaranya adalah wawasan mengenai literasi keuangan, kegiatan investasi, pasar modal, mekanisme investasi itu sendiri, dan pihak yang terkait dalam kegiatan investasi, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bursa Efek Indonesia, Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP), Lembaga Kliring dan Penjaminan (LKP), dan Securities Investor Protection Fund (SIPF).

Narasumber juga menekankan bahwa investasi itu tidak seram atau menakutkan, asalkan mempunyai literasi keuangan yang cukup sebagai modal utama memasuki dunia investasi. Dengan mempunyai literasi keuangan, diharapkan akan sukses membangun masa depan finansial.

Sekolah Pasar Modal ini sangat berkontribusi dalam peningkatan pola pikir dan pemahaman mahasiswa bahwa selain menabung, investasi menjamin kondisi finansial. Harapannya, terdapat peningkatan kontribusi mahasiswa dalam berinvestasi. Akhir kata, sampai jumpa lagi di Sekolah Pasar Modal tahun depan..!