info@stimykpn.ac.id (0274) 885505

Prestasi Mahasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) YKPN kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional yaitu lolos seleksi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2024. PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Ditjen Diktiristek di bawah pengelolaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). Tujuannya adalah untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.

Setelah melalui berbagai tahap, sebanyak dua kelompok mahasiswa STIM YKPN berhasil lolos seleksi dalam PKM tersebut, sehingga memperoleh dana penelitian. Kedua kelompok tersebut sama-sama memilih bidang RSH (Riset Sosial dan Humaniora).

Kelompok pertama yang terdiri dari Desta Rahayu (Ketua), Abadila Rakha Muqaddimah, Dania Ayuni, dan Lavendi Kurnia Utama, melakukan penelitian dengan judul “Hook Copywriting: Pengaruh Social Media Content Instagram terhadap Brand Awareness, Brand Image, dan Keputusan Pembelian pada UMKM di Kabupaten Sleman” yang dibimbing oleh Ibu Alivia Meyrizka Utami, S.E., M.Sc. Kelompok kedua terdiri dari Rayyan Zidane Kurniawan (Ketua), Anisa Nur Rahmadhani, Firgo Candra, Muhammad Fadli, dan Anisa Nuraini, melakukan penelitian dengan judul “Transformasi Digital UMKM: Analisis Strategi Pemanfaatan Desain Grafis dan Artificial Intelligence dalam Mendorong Pertumbuhan UMKM di Yogyakarta” yang dibimbing oleh Ibu Rasistia W. Primadineska, S.E., M.Sc.

Sebagai agenda rutin tahunan, PKM menjadi ajang kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dalam penelitian dan penyusunan karya ilmiah. Perolehan prestasi dalam PKM ini tentu merupakan suatu kebanggaan karena menjembatani penambahan referensi riset bagi dosen dan mahasiswa, mendorong peningkatan publikasi riset, dan mendorong peningkatan kolaborasi riset antara dosen dan mahasiswa. Akhir kata, semoga perolehan prestasi yang membanggakan tersebut mampu menginspirasi teman-teman mahasiswa untuk menorehkan prestasi.