info@stimykpn.ac.id (0274) 885505

STIM YKPN YOGYAKARTA BUKA KESEMPATAN MELANJUTKAN STUDI KE JENJANG S1 MANAJEMEN MELALUI PROGRAM RPL


Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN (STIM YKPN) Yogyakarta berhasil lolos dalam seleksi penerima hibah bantuan pelaksanaan program RPL Tipe A dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Program RPL adalah singkatan dari Rekognisi Pembelajaran Lampau yang merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru, bertujuan untuk mendorong lulusan SMA/MA/K yang belum sempat melanjutkan studi ke perguruan tinggi atau mahasiswa putus kuliah agar dapat melanjutkan pendidikan formal di perguruan tinggi. Pada RPL Tipe A, calon mahasiswa dapat mendapatkan pengakuan SKS dari pengalaman kerja yang dimiliki yang tentu harus melewati beberapa proses asesmen. Ada dua sistem pengakuan SKS yang dapat dilakukan di program ini yakni 1) Transfer SKS, yakni SKS direkognisi dari transkrip nilai dan ijazah calon peserta dari pendidikan formal sebelumnya; 2) Perolehan SKS, yakni SKS yang direkognisi berdasarkan pengalaman kerja atau pendidikan nonformal calon peserta.

Saat ini STIM YKPN membuka pendaftaran program RPL untuk program studi S1 Manajemen. Sebelumnya, STIM YKPN sudah melakukan pengakuan SKS melalui jalur yang disebut sebagai alih kredit. Mekanismenya yakni bagi lulusan D3 baik dari STIM YKPN maupun perguruan tinggi lain, yang ingin melanjutkan studi ke S1 Manajemen STIM YKPN atau S1 dari perguruan tinggi lain yang ingin melanjutkan studi di S1 Manajemen STIM YKPN. Namun saat itu belum ada pengakuan SKS berdasarkan pengalaman kerja/ pendidikan nonformal yang dimiliki oleh calon pendaftar. Dengan adanya program RPL ini, maka kesempatan melanjutkan studi ke pendidikan tinggi semakin terbuka. 

            Program RPL ini dikelola oleh tim pelaksana RPL yang merupakan unit gabungan dari beberapa bagian di STIM YKPN mulai dari unsur pimpinan, kepala prodi, Dosen, bagian akademik, admisi dan penjaminan mutu. Selain tim pelaksana RPL, dibentuk pula tim asesor sebagai penilai dalam proses asesmen baik dokumen maupun asesmen lanjutan yang akan dilakukan oleh calon peserta RPL. Saat ini instrumen asesmen program RPL telah terbentuk dan siap digunakan oleh calon peserta RPL. STIM YKPN berkomitmen untuk mewujudkan pelaksanaan RPL yang sesuai dengan prinsip aksesibilitas, kesetaraan pengakuan, transaparan dan penjaminan mutu. Guna mencapai hal tersebut, bimbingan teknis juga sudah dilaksanakan beberapa kali dengan mengundang narasumber yang ahli di bidangnya. Dengan adanya program RPL, maka STIM YKPN membuka kesempatan untuk melanjutkan studi di S1 Manajemen, bagi siapa saja yang pernah menempuh pendidikan formal dan memiliki pengalaman kerja.